Rabu, 09 Mei 2012

Irshad Manji 1

Bismillah,

lama nian ga pernah buka blog dan ga pernah nulis lagi. skripsi dan kerja cukup menyita waktu. kadang jika ada waktu luang itu adalah hal yang paling menyenangkan. mau berbagi dan share sedikit sih.

ceritanya kemarin diajakin aksi hari ini. ada seorang tokoh feminis, lesbian yang mau datang ke Yogyakarta. setelah ia menyelesaikan tournya di Jakarta dan Solo untuk melakukan diskusi tentang buku yang dikarangnya. ialah irshad manji.


Di Solo, diskusi tentang buku karyanya sempat ditentang anggota FPI semula dijadwalkan akan digelar di Balai Soedjatmoko batal. hal ini dikarenakan adanya keberatan dari kelompok massa yang menamakan diri Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS). Diskusi bersama penulis asal Kanada Irshad Manji di Kota Solo akhirnya tetap terselenggara, Selasa (8/5/2012) malam kemarin di ruang pertemuan sebuah hotel di Kota Solo bekerja sama dengan sebuah lembaga swadaya masyarakat setempat.

dan hari ini rencananya Irshad Manji akan melakukan diskusi juga di salah satu gedung di Universitas Negeri Yogyakarta. sebelum bertanya lebih jauh sebenarnya siapa Irshad Manji ini dan buku apa yang sedang dipromosikan hingga jauh-jauh ke Indonesia.

sumber dari Wikipedia edisi Indonesia,
Irshad Manji (bahasa Arab: إرشاد مانجي ‘Irshād Mānjī, Gujarat: ઇરશાદ માનજી Irshād Mānji; lahir 1968) adalah seorang penulis Kanada, wartawan dan advokat dari interpretasi "reformasi dan progresif" Islam. Manji adalah direktur Proyek Keberanian Moral di Sekolah Robert F. Wagner Pascasarjana Pelayanan Publik di Universitas New York, yang bertujuan untuk mengajarkan para pemimpin muda untuk "menantang kebenaran politik, kesesuaian intelektual dan sensor diri."Dia juga pendiri dan presiden Proyek Ijtihad, sebuah organisasi amal mempromosikan "tradisi berpikir kritis, perdebatan dan perbedaan pendapat" dalam Islam, di antara jaringan "dari reformis Muslim dan sekutu non-Muslim."
Manji adalah terkenal sebagai kritikus aliran tradisional Islam dan telah dijelaskan oleh The New York Times sebagai mimpi terburuk "Osama bin Laden".


Buku Manji yang paling terakhir, Allah, Liberty and Love dirilis pada bulan Juni 2011 di AS, Kanada dan negara lainnya. Pada website Manji itu, buku ini dijelaskan: "Allah, Liberty and Love menunjukkan kita semua bagaimana mendamaikan iman dan kebebasan dalam dunia yang mendidih dengan dogma represif. Kunci ajaran Manji adalah "Keberanian moral, "kemauan untuk berbicara ketika orang lain ingin membungkam mulutmu. buku ini merupakan panduan utama untuk menjadi warga dunia yang berani."
Buku Manji sebelumnya, The Trouble with Islam Today (awalnya diterbitkan sebagai Trouble with Islam), telah diterbitkan di lebih dari 30 bahasa, termasuk Bahasa Arab, Persia, Urdu, Melayu dan Indonesia. Dia terganggu oleh bagaimana Islam dipraktikkan saat ini dan oleh pengaruh Arab di Islam yang mengambil individualitas perempuan dan memperkenalkan konsep kehormatan perempuan. Manji telah menghasilkan dokumenter PBS, "Faith Without Fear", mencatat upaya untuk "mendamaikan imannya kepada Allah dengan cintanya pada kebebasan".

Irshad Manji sebenarnya tidak terlalu terkenal di Indonesia, namun ia menganggap Indonesia adalah pasar yang potensial untuk menanamkan pemikirannya di Indonesia (akan dibahas di artikel selanjutnya). hal inilah yang membuat Irshad Manji mau mengadakan forum Diskusi bertema 'Agama, Kebebasan dan Keberanian Moral' itu di Jakarta, Solo, dan sekarang akan dilakukan di Yogyakarta. namun seperti yang kita tahu di Yogyakarta, aliansi Mahasiswa yang menamakan dirinya "Gerakan Jogja Peduli Moral Bangsa" yang merupakan gabungan dari sejumlah organisasi berbasis islam (FSLDK, KAMMI, PII, FSRMY, BKPRMI, ITJ, dll) melakukan aksi damai untuk menolak tokoh feminis Irshad Manji di depan Gedung Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada.Informasi soal diskusi Irshad Manji ini sudah tersebar luas di kalangan mahasiswa di kampus-kampus sekitar Yogyakarta sejak beberapa hari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar