Kamis, 06 Juni 2013

Share Mengenai Kejelasan Program PPGT-Kolaboratif SMK yang Di Adakan Dikti


Ditemani hujan romantis kata teman :-)

Well, tidak sedang berbicara tentang merah jambu lagi. Ingin share terkait program yang saat ini sedang saya jalani.

Asal muasalnya ketiksa ditawari oleh bapak Wakil Dekan 1, Pak Sunaryo Sunarto. Beliau menanyakan apakah saya sudah mendaftar program PPGT? | "apa itu program PPGT pak??".

Akhirnya diminta buka web-nya oleh beliau. Dan iseng daftar karena pas udah yudisium. Masih belum jelas juga itu program seperti apa, sempat juga ditawari ikut pendampingan SMK. Tapi saya tolak *entah mengapa, hati saya cendrung ke PPGT*.

Gambaran awal yang saya tangkap terkai PPGT ini atau dengan nama lengkap -PPGT kolaboratif SMK- ini, hanya pendidikan (tidak tau lamanya bepara) dan penempatan di daerah SM-3T (karena satu website dengan SM-3T).

Semua berjalan, seperti seleksi pada umumnya, mengisi formulir dan kelengkapan syarat yang sederhana dan di pandu oleh panduan di website. Tahap seleksi yang dilakukan ada beberapa tahap antara lain:
1. tahap seleksi administrasi
    semua berkas yang dilengkapi akan diperiksa. In syaa allah jarang ada yang tidak lolos pada seleksi ini kecuali orang yang sangat ceroboh *seperti saya*. saran saya ikuti saja alur dari website dan lakukan apapun yang ada dalam perintah. Jangan ragu mencoba semua tombol dan mempelajari lebih detail tiap link.
2. seleksi tulis (secara online)
    pada tahap seleksi ini peserta akan melakukan tes online yang tidak terlalu sulit, namun mungkin karena jumlah saingan yang banyak membuat anda harus hati2 dan cermat, betul semua akan sangat baik :-D
3. tes wawancara
    pada tes ini anda akan di tantang secara emosi oleh pewawancara dengan isu *bagaimana jika anda ditempatkan di luar pulau jawa lebih dari 2 tahun?* jika anda bisa meyakinkan pewawancara, maka semua akan aman in syaa allah, tapi tetep sambil berdoa ya.
4. tes kesehatan
    jika anda lolos dalam serangkaian tes di atas anda akan diminta melakukan tes di kepolisian untuk mendapatkan SKCS, tes bebas narkoba, dll.
5.  tes kesabaran
    kenapa ada tes kesabaran? karena semua pengumuman dari setiap tes TERLAMBAT (kecuali hasil tes administrasi). ada yang cuma terlambat 1 minggu sampai terlambat hampir 1 bulan (hasil wawancara terlambat hampir 1 bulan). sabar saja anggap itu merupakan bagian dari tes.

Kuliah, seperti kuliah biasa ada 4 tahap pelaksanaan kuliah:
1. tahap pertama (2 bulan) -> di Unesa
    anda akan mendapatkan mata kuliah mengenai keguruan dan keprofesionalan
- metodologi penelitian tindakan kelas
- metodik kejuruan
- psikologi perkembangan
- evaluasi pembelajaran
- profesi pendidik kejuruan
2. tahap 2 anda akan mendapatkan kuliah mengenai spesifikasi anda -> PENS ITS
mata kuliah yang akan anda dapatkan:
- Teknik komputer jaringan (spesifikasi dengan standar cisco)
- rekayasa perangkat lunak (spesifikasi pada pemrograman)
- multimedia (rekayasa media)
- animasi (pembuatan game dan media pembelajaran)
3. tahap 3 (2 bulan)
anda akan melakukan workshop mengenai RPP yang anda buat dan melakukan microteaching serta peerteaching.
4. tahap 4 anda akan melakukan PPL selama 6 bulan dan disertai dengan melakukan penelitian (di upayakan pendidikan tindakan kelas atau penelitian pendidikan).
4. tahap terakhir anda akan diminta untuk ujian kompetensi guru dengan materi semua yang telah diajarkan semasa perkuliahan.

semasa kuliah kita akan mendapatkan fee (biaya hidup),
1. pada 6 bulan pertama akan mendapatkan +- 1,690,000/bulan (tergantung pada LPTK yang menyelenggarakan bisa kurang ataupun lebih)
2. pada 3 bulan selanjutnya akan mendapatkan +- 2,100,000/bulan
3. pada 3 bulan terakhir akan mendapatkan 2,600,000/bulan. *ralat... tidak sampai 2,600,000 ternnyata. sama seperti bulan-bulan sebelumnya 2,100,000*

sempat terjadi kebingungan diantara mahasiswa angkatan pertama (saya dan teman-teman) nasib kita akan seperti apa?
alhamdulillah kemarin diadakan monev sekaligus sharing dengan tim dari dikti (penyelenggara) hasilnya antara lain:
******
1. setelah selesai perkuliahan PPGT kita akan mendapatkan sertifikat pendidik. sertifikat pendidikan berlaku di seluruh SMK nasional. dan rencananya kita akan dapat 4 sertifikat yaitu sertifikat pendidik kejuruan yang ditandatangani rektor LPTK, sertifikat keahlian yang dikeluarkan oleh PENS, sertifikat dari asosiasi guru dan dosen advokasi dan sertifikasi kompetensi semacam cisco yang akan dikeluarkan oleh PENS (masih diusahakan.

2. NUPTK sewajarnya sudah menempel pada sertifikat pendidik yang akan kita terima.

3. setelah selesai perkuliahan direncanakan akan ada pengebadian selama 2 tahun di wilayah NKRI yang sudah ditentukan. selama pengabdian peserta akan mendapatkan santunan dari pemerintah. untuk tunjangan profesi masih belum ada kepastian apakah sudah bisa mendapatkan atau belum.

4. lulus PPGT tidak akan menjadi CPNS/PNS karena itu kewenangannya Kemen PAN

5. apabila selama pengabdian ada dibuka formasi CPNS maka kita dipersilahkan untuk mengikuti dan apabila LULUS diperkenankan meninggalkan pengabdian dan memulai pegabdian seumur hidup di tempat kita akan mengabdi sebagai PNS

6. selama masa perkuliahan PPGT DILARANG KERAS mengikuti tes CPNS

7. berhenti berfikir negatif tentang program ini karena setelah mendengarkan penjelasan dari bapak  Soesanto selama monev semua kekhawatiran saya hilang dan karir kita di dunia pendidikan sudah direncanakan. tugas kita sekarang adalah belajar sebaik2nya, persiapkan diri untuk lulus ujian, persiapkan diri untuk mengabdi dan persiapkan diri untuk lulus tes CPNS

terima kasih
******
yups demikian yang bisa saya share, untuk tanggal saya kurang begitu ingat, paling sekitar bulan september-oktober pendaftaran dan saya mulai perkuliahan tanggal 4 desember (3 hari setelah saya wisuda). untuk link bisa di coba-coba cari tahu http://majubersama.dikti.go.id/?page_id=317.

well itu yang bisa saya share :-)

1 komentar: