Senin, 30 Juli 2012

Jaringan Islam Liberal

Bismillah, sebenarnya sejak lama ingin menulis tentang topik ini tapi kok ya belum sempat atau belum menyempatkan diri mungkin. Tema ini mungkin sudah sangat umum ada di sekitar kita sebenarnya seperti apa sih?
Sebenarnya saya juga masih banyak ingin melaha buku-buku JIL ini dari pemikirannya hingga orientali sekalipun. Alhamdulillah kemarin Allah mentakdirkan untuk menghadiri kajian dari pak Adian Husaini dengan tema Membendung Arus Liberalisme. Subhanallah mantab nian kajiannya, namun karen fisiknya bener-bener sedang kecapekan jadi malah nggak nyatet klo diperkenankan insyallah akan minta video rekamannya dari panitia. Biar runut kita bahas satu-satu kali aja nantinya akan dijadikan diskusi.

Islam, definisi islam dalam kurikulim kita dari SMP, SMA bahkan SD sekalipun bahwa islam adalah agama samawi yang berasal dari langit seperti kristen dan yahudi. Namun benarkah? jika yang dimaksud adalah kristen pada jaman Nabi Isa as. dan kaum Yahudi pada jaman Musa as. maka itu memang agama yang benar. Setelah islam turun maka agama sebelumnya tidak ada artinya dan hanya tinggal sejarah dan orang yang benar-benar mengamalkan agama tersebut maka dia harus masuk islam. Jika itu yang terjadi maka artinya semua agama sebelumnya secara resmi sudah dihapuskan sejak islam datang. Jadi logikanya agama kristen dan yahudi yang sekarang ada adalah agama dunia ciptaan manusia yang munkar atas perintah Allah (Tuhan saya :-). Bahkan sebenarnya nama kristen dan yahudi adalah buatan manusia, hanya nama agama islam yang berasal langsung dari Allah. Oleh karenanya jika barat bisa menamai christianism dan jewism, buddishm, hinduism maka sangkin agungnya Nama pemberian Allah orang barat tidak bisa memberi nama sesuai kaidah -ism jadi islamism (aneh :-P kan jadinya) dan hanya islam yang mananya menjadi islamic.

Lanjut setelahnya mengenai liberal yang kata pak adian husaini berasal dari kata li-birth(bener ga ya pemenggalannya?) atau lahir kembali. Liberalisme ini juga menjangkau kaum kristen dan yahudi dimana Paus Berediktud XIV menyatakan perang terhadapnya. Liberalisme di kristen menjadi kristen liberal dan liberalisme di yahudi menjadikan yahudi liberal. Kelahiran liberal di kristen dan di yahudi diterima baik oleh agama asli dan semacam menjadi anak kandung dari agama yang asli. Lantas di islam? Islam itu agama yang tunggal diciptakan Allah setelah turunnya perintah kenabian pada Rasulullah dan tidak ada turunan atau 'anak kandung' dari islam itu sendiri.Jikapun terdapat perbedaan dalam islam itu hanya pemahaman golongan yang berbeda. Jika islam itu sendiri dibahasa arabkan maka akan menajdi alif-lam sin-lam-mim (komputer agak tidak memenuhi standar bahasa arab harap maklum) dan klo ditambah liberal mau dibahasa arabkan kayak apa? Dan satu-satunya kata yang tidak memiliki bahasa arab adalah kata liberal (semoga saya tidak salah).

Adalah kesalahan saya yang mengatakan dalamm twitter saya jika JIL ingin 'berdakwah' maka silahkan berdakwah tanpa syarat. Boleh JIL 'berdakwah' tapi silahkan keluarkan kata-kata islam karena dari sudut manapun JIL bukan ajaran islam, malah menjadi penodaan agama jika tetap dipaksakan menggunakan nama islam.

Maaf atas segala khilaf dan mohon diingatkan jika salah. Saya sengaja tidak menuliskan dalil-dalil yang saya ambil saya agak kawatir jika nantinya dalil tersebut akan disalah gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar