Selasa, 15 Maret 2011

Benar, Baik, Mulia

Dalam hidup ini sering kali kita kebingungan dalam menghadpi sesuatu. sering muncul tanda tanya dalam diri kita. hal itu wajar karena kita adalah manusia. namun dibalik kewajaran itu hendaknya tanda tanya yang ada dalam hidup kita itu diakhiri oleh sebuah tanda seru jawaban yang benar, baik dan mulia.

dalam menghadapi sebuah permasalahan sering kali muncul tanda tanya 'apa' dalam hidup kita. disusul dengan kata tanya 'mengapa' dan kemudian 'untuk apa'. dan mungkin akan banyak tanda tanya lain yang akan bergelayut dalam diri ini. dan hendaklah jawaban dari kata tanya 'apa' adalah sebuah jawaban yang benar agar bisa menghasilkan jawaban untuk kata tanya 'mengapa' dan menghasilkan sebuah perbuatan yang baik sehingga kemuliaan akan dapat didapatkan dari kata tanya 'untuk apa'. sebuah analogi sederhana adalah ketika ada seorang muslimah SMA yang akan berangkat kesekolah. maka ia akan bertanya "Hari APA ini?" jawaban yang benar adalah hari senin dan jika hari senin akan menggunakan seragan putih-abu. apakah berhenti sampai sini? jelas tidak. seragamnya sudah disetrika kah? maka pertanyaan selanjutnya adalah "mengapa seragam itu harus disetrika?" dan jawaban selanjutnya adalah agar seragam itu rapi dan baik jika dilihat orang. selesai kah? ternyata belum, bagaimana muslimah itu menggunakannya? apakah rapi atau terbalik? maka pertanyaan selanjutnya adalah "untuk apa berpakaian seragam rapi dan tidak terbalik?" adalah agar terlihat mulia dihadapan orang lain.

BENAR. adalah ketika jawaban dari kata tanya apa sejalan dengan keinginan Allah dan Rasulullah. sesuai dengan perkataan Allah dalam QS Al-Ahzab 35 "Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.". dan Allah menjadikan akal mampu membedakan kebenaran dalam hidup ini.

BAIK.. adalah ketika perbuatan itu menimbulkan rasa tenang, bahagia, dan lapang di dalam hati. Dan Rasulullah berkata dalam hadis riwayat Ahmad dari Abu Umamah "jika kebaikanmu membuatmu bahagia dan kejelekanmu membuatmu susah maka kamu adalah mukmin". dan Hati merupakan sebuah peta jalan menuju kebaikan.

MULIA. ialah ketika setiap perbuatan kita menambah yakin atas surga yang dijanjikan. seperti kata Allah dalam QS Fushilat 30 "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu". nafsu muthmainah adalah ia yang akan membawa kita menuju kemuliaan.

namun jangan salah arti kawan. jangan hanya benar saja, atau baik saja ataupun mulia saja. karena ketiganya adalah rangkaian yang jika hilang salah satunya maka rusaklah yang lainnya.
  1. jika benar namun tidak baik maka perbuatan itu akan menjadi salah. contohnya: ketika si fulan X berjamaah dengan si fulan Y. dan si fulan Y membaca bacaannya lama sekali. si fulan X mengikuti sholatnya hingga salam (benar kan?). namun setelahnya marah2 dan mengumpat karena si fulan Y terlalu lama membaca suratnya.(tidak baik kan?)
  2. jika baik tapi tidak mulia maka perbuatan itu akan menjadi buruk. contohnya adalah ketika seseorang hendak menolong orang yang tidak mampu(baik kan?), namun dengan mencuri(mulia kah?).
  3. dan jika mulia tapi tidak benar akan menjadi hina. contohnya seseorang hendak menghidupi keluarganya(jelas mulia nih!), namun dengan korupsi(benar kah?)
he sekilas kajian yang menyentuh hati. mungkin masih tampak abstrak. namun ketika mendengar langsung dari ust Syatori Abdul Rauf insyaallah akan lebih terasa menyentuh.
skalian numpang promosi kajian:
Hari senin sore: di masjid Nurul Asri ba`da ashar= tafsir Surah an-nur.(terakhir sampai ayat 30)
hari selasa pagi di masjik Mardliyah jam 06.30 = KRPH
Hari kamis pagi di masjid Mardliyah jam 06.30 = KRPH
hari kamis sore di PonPes Darush Solihat ba`da ashar= kajian tafsir kitab/surat
Hari sabtu pagi di masjid Mardliyah jan 06.30 = KRPH
hari sabtu sore di PonPes Darush Solihat ba`da ashar= kajian akhlak
Semangat menuntut ilmu Allah. semoga tiap langkah kita mendapat pengampunan dari Allah. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar