Senin, 05 Maret 2012

Pendakian!!! go Panderman!!!

12 maret 2012
Bismillah, lama sekali ndak nulis lagi. banyak cerita yang ingin sekali tersampaikan, banyak hikmah yang hendak dibagi namun sayangnya males beud hehehe...
janji pertama adalah cerita tentang pendakian yang udah seminggu terlewati. ceritanya bener-bener lagi jenuh dengan segala aktivitas di jogja dan pas ada undangan alumni pramuka Tosar untuk menemani adek-adek pendakian. hufft... BERANGKAT!!! alhamdulillah ada tabungan juga lumayanlah.

rencana sudah disusun dan persiapan sudah disiapkan. dengan persiapan minimal untuk bertahan dialam saya siap untuk berangkat. hari sabtu 3 maret 2012 jam 04.00 langsung berangkat ke tempat pemberhentian bus. sayangnya ndak ada tempat parkirnya akhirnya mau tidak mau harus ke terminal giwangan. sampai di giwangan langsung parkir dan langsung nyari bus. alhamsulillah naik bus Sumber Kencono yang konon katanya sering sekali bermasalah. bismillahi tawakaltu Alallahi la hawala wala kuwata illa billah. naik bis ternyata penumpangnya cuma saya seorang huffft. keluar terminak 2 orang naik lumayan nggak sendirian. setelah bayar tiket langsung sholat subuh karena udah adzan juga. perjalanan sebagian besar diisi dengan tidur hehehe.

sampai jombang sekitar dhuha menjelang dhuhur. sempat sholat dhuha bentar langsung dijemput adek tercinta, Romy Kurniawan Dwiyanto dan akhirnya makan bareng. setelah dianter ke-SMA dan ada beberapa teman juga akhirnya diputuskan alumni dan 1 sniga (senoir kelas tiga) naik motor ke tempat tujuan yaitu Gunung Panderman Malang 2500-an dpl. sampai ditempat pemberhentian kita bersih-bersih dan sholat.

selepas sholat kita melakukan pelantikan Pramuka Laksana bagi mereka yang telah lulus ujian laksana. cukup khidmat dan mengharukan karena alumni dan adek-adek dari beberapa zaman berkumpul saat itu (btw aku belum dapet fotonya). semoga nanti klo sudah dapet fotonya bisa dishare bareng-bareng.

jam 23.00 kita mulai naik dimulai dengan pemanasan sebentar. seorang teman jejaring sosial mas fajar bilang "jangan lupa dzikir" --> siap mas!!! setelah dibagi kelompok para alumni menamai diri mereka kelompok "mbleketeb", jangan tanya artinya aku juga ga tau (ini usul Adin). agak memaksa saat itu karena aku pakai rok. ya orang umum pasti mikirnya aneh banget sih naik gunung pake rok. tapi ternyata bisa juga :-). dalam perjalanan bener-bener jalan yang kita lalui adalah jalanan naik dengan sudut kemiringan sekitar 60 derajat. banyak yang mengeluh diawal tapi karena para alumni bersemangat adek-adek juga ikut semangat. ganbatte kudasai!!! ada kelompok yang terpaksa harus kembali karena teman mereka sudah tidak kuat lagi dalam 1/3 perjalanan. sebenarnya aku juga sudah tidak kuat lagi rasanya, maklum lama banget ndak naik. tapi ketika lisan berdzikir "La haula walaa kuwata illa billah" entah dari mana Allah menyalurkan kekuatan lewat pekik semangat dalam hati. silahkan percaya atau tidak.

mulai masuk hutan tiba-tiba ada yang berteriak "woi mas salah jalan bukan itu jalannya. jalannya disana muter banget. lewat sini aja". jedug-jedug-jedug detak jantung bener-bener berdetak kencang. Allah lindungi kami. jalan yang dilalui membuat kita harus merangkak dan gelap menambah tragis suasana malam. hanya semangat dan dzikir yang terus terlantun yang membuat kita mampu bertahan. ada yang hampir ga kuat juga, tapi dilematis banget soalnya kita udah di dalam hutan kalo bali ya cuma sendirian, atau kalo beneran pingsan malah harus digendong. bismillah semangat! Allah bersama kita. jalan-jalan-jalan hingga sedikit menemukan tempat lapang. aku dan beberapa orang mbleketeb berada di golongan terdepan sedangkan adin "ngemong" adek-adek snida dan junitu. kelompok adin sampai kita kembali jalan(ada yang aneh tapi jalan dulu aja deh). sampai dipuncak pertama lemah ombo kita beristirahatjam menunjukkan pukul 02.00. sambil nunggu kelompoknya adin. kita buat kopi. subhanallah dingin banget. kelompok adin sampai. ada kabar mengejutkan! kelompok Lino dkk nyasar! huwaaa... aku panik tapi ndak bisa berbuat apa-apa, secara klo aku harus jalan sendiri dihutan jelas aku ndak paham dan malah menambah nyasar hiks pramuka model apa aku ini. akhirnya adin yang baru sampai malah berusaha untuk nyari padahal dari pembinanya bilang "biar aja udah gede". hmmm alhamdulillah semuanya berkumpul.

ingin sekali sebenarnya sholat diatas puncak itu, tapi ternyata selain kelompok kita dan adek-adek pramuka ada kelompok yang lain. dan yang buat serem adalah 'masak satu temda terdengar suara laki-laki dan perempuan?' husnudzon mereka udah nikah. tapi kok ndak percaya ya? hoooo malah ndak jadi sholat, serem. setelah ngisi tenaga dengan makan kita tidur dengan peralatan seadanya.

sayup-sayup terdengar adzan subhanallah entah dari mana suara itu. karena ndak ada air kita tayamum pada debu yang berada diatas daun-daun. dari timur siluet merah tanda waktu subuh terlihat begitu indah. setelah sholat subuh ingin tidur, sumpah dingin banget. tapi ndak jadi tidur karena ternyata tenda sebelah kita itu tenda putra. huwwaaaa ga jadi tidur, tapi dingin banget!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

beberapa lama kemudian waktu beranjak terang, subhanallah indah sekali, selebihnya cuma acara sarapan pagi dan foto-foto. jam 7.30 adin dan beberapa sniga ngajak turun karena mau naik juga gimana adek-adek udah nggak kuat. aku pikir deket banget, aku juga dah ingin kebelakang. tapi tetep aja jauh!!! kita ambil rute berbeda, btw kita ketemu sama orang yang meneriaki kita salah jalan itulho. dan ternyata dia baik hehehe gominasai sudah su`udzon. kita pakai rute itu yang ternyata lebih mudah 2 kali lipat dan lebih pendek. jalan yang kita merasa naik banget sekarang ganti turuuuun banget. klo pernah ke gunungkidul 5 kali lipat dari itu!!! (lebay hehehe). sakit sekali kakinya. bukan karena sakit naik tapi justru sakit karena turun. beberapa kali kepeleset karena jalanannya licin sekali. akhirnya sepatunya aku tanggalkan dan cukup berjalan tanpa alas kali(tapi tetep pake kaos kaki karena kaos kaki kan aurot!!!) Adin sempet berbaik hati ngasih sandal jepit. tapi beneran deh aku lebih percaya kakiku mampu bertahan dari pada percaya dengan sepatu bisa mengurangi licin.

sampai di tempat singgah kita bersih diri. setelah itu malah ketiduran. enak banget tidurnya. mungkin karena capek banget ya. dan dibangunkan waktu dah mau pulang. dan kembali pulang ke jombang dengan menggunakan motor. dan sampai di terminal kepuhsari langsung dapet sumber kencono lagi dan langsung naik dan langsung jalan lagi ke jogja. setelah jama` qashar sholat dhuhur dan ashar di bus perjalanan lanjut tidur.hooooo tiba-tiba dan sampai jogja aja hehehe...

NB:
kronologi kejadian tanggal 3 Maret 2012:
04.00        : berangkat ke terminal giwangan
04.30-11.00    : perjalanan jogja-jombang
11.00-14.00    : nunggun temen-temen kumpul
17.00-19.00    : perjalanan pake nyasar ke kaki gunung panderman.
19.00-21.00    : istirahat dan makan dan sholat
05.00-07.30    : masak, sarapan, dan foto-foto. prima malah merekam heheh
07.30-09.00    : perjalanan turun
11.30-02.30    : perjalanan dengan motor malang-jombang
03.00-21.00    : perjalanan dengan bis dari jombang-jogja.