Kamis, 23 Desember 2010

Peran Sahabiyah dalam Dakwah Islam

Bismillah bersama ustad Salim A Fillah kita belajar Sirah sahabiyah...

kita akan menyaksikan betapa peran sahabiyah adalah sangat menopang dakwah dari pertama. dan mustahil islam jaya tanpa dukungan muslimah dan sahabiyah. hal ini bermula atas pandangan islam yang sangat baik terhadap perempuan padahal jaman-jaman sebelumnya wanita begitu termarginalkan.

apa saja pandangan islam terhadap wanita:
  1. wanita adalah patner laki-laki. rasul mengatakan wanita adalah belahan tak terpisahkan dari laki-laki yang bukan di bawah atau pun di atas laki-laki namun setara. padahal menurut kaum yunani, wanita adalah budak nafsu. cina, jepang juga sama wanita untuk dilihat bukan di dengar. di india, wanita dianggap sebagai kesalahan dan wanita tak berhak hidup jika suaminya meninggal. di persia jika wanita berbuat salah maka hukuman wanita akan lebih berat, dan jika haid di usir dari rumah. dan di arab wanita bisa diwarisi oleh anak-anak tirinya, dan mereka malu jika memiliki anak perempuan. dalam agama nasrani, biang keladi adam di usir dari surga adalah karena hawa dan sumber senjata setan adalah hawa, lalu wanita hanya memiliki nafsu tidak memiliki akal dan wanita layak dibunuh oleh suaminya. padahal dalam islam berbeda.
  2. wanita memiliki hak waris dalam surah an nisa`.
  3. wanita memiliki hak atas mendapatkan mahar penuh dan terserah pada wanita QS an nisa 4. bahkan dalam beberapa hal al quran islam memberikan kemulian lebih di banding yang lain.
  4. wanita jika berpenghasilan maka tidak berkewajiban dalam nafkah dan ketika ada saudara yang kesulitan maka yang berkewajiban membiayai adalah tetap suami.
  5. jka terjadi perceraian, anak memiliki tanggungan nafkah suami dan dalam masa iddah wanita tetap dalam tanggungan suami (rugi banget klo ada suami yang menceraikan istri dah ga punya istri tapi tetep harus membiayai...hheee)
peran muslimah dalam beberapa bidang (dari sirah Rasulullah SAW)
  1. dalam bidang dakwah. keberhasilan Rasulullah dan para sahabat dalam berdai tidak terlepas dari peran muslimah dalam menjadi daiyah. 
  • Khadijah binti Khailid. sejak awal memposisikan diri sebagai istri yang begitu utama mendampingi rasulullah. hingga membuat Aisyah cemburu "Mengapa kau slalu menyebut-sebut perempuan tua yang sudah mati dan telah digantikan oleh yang lain" dan rasulullah menjawabnya "Khadijah telah beriman saat yang lain kufur, Khadijah menyerahkan seluruh hartanya ketika yang lain kikir, Khadijah memberikan putra untuk Rasulullah padahal yang lain tidak". dan masih teringat ketika Rasulullah menerima wahyu pertama dari malaikat jibril ketika sedang uzlah memikirkan dan merenungkan maslah umat. dan Rasulullah pulang dalam keadaan syok dan menggigil dan ketakuan dan pucat pasi, respon khadijah menentukan langkah dakwah selajutnya. dan jika khadijah bukan orang yang perhatian maka beliau akan memberondong pertanyaan tanpa memperhatikan keadaan suaminya. dan khadijah berbeda, beliau diam dan tidak bertanya namun malah menyelimuti badan Rasulullah. dalam hal ini Khadijah dalah 'buffer' penyangga yang tidak mudah goyah.(subhanallah... jauh banget nih dari Bunda Khadijah...). ketenangan Khadijah benar-benar tenang (hiks hiks...). saat dilanda kepanikan luar biasa namun tidak di tunjukkan kepada Rasulullah dan malah ditunjukkan kepada orang lain(yang sebenarnya malah semakin membuat panik Khadijah karena memberikan hal-hal yang mendatang). dan Khadijah sudah siap dengan resiko dakwah yang akan diemban suaminya.(seharusnya kita sudah siap-siap ketika akan memiliki suami seorang pendakwah. bakalan ditinggal-tinggal). dan Allah menciptakan khadijah untuk menemani dan menenagkan suaminya dalam berdakwah. dan khodijah sangat memahami benar perannya dalam berdakwah. khadijah juga menjadi peran keislaman dalam zaid bin harist, zainab, ibnu kulstum, rukhayah (hingga ibnu kulsum dan ruhkhayah harus diputus pernikahan padahal itu adalh aib yang paling besar). dan Khadijah benar-benar menjadi motivator bagi Rasulullah. dan Khadijah menjadi ibu yang luar biasa ketika islam di boikot. dan Khadijah menjadi pengajar pertama wanita bagi ibu-ibu wanita. dan ketika Khadijah wafat, untuk menegakkan kembali hati Rasulullah. Allah mendesain perjalanan yang luar biasa isra` mi`raj.
  • ummu suraiq al quraisiyah. ummu islam adalah CS-nya khadijah. dan menjadi penyebaran agama islam secara sembunyi-sembunyi. dan Allah memberikan timba dari langit untuk...(lewat)
  • rumaisah binti milha. kakak dari ummu suraiq. dinikahi oleh Abu Talhah al anshari. setelah masuk islam beliau menjadi pendakwah di kaum anshar. "Engkau adalah lelaki yang tak patut ditolak dan tidak mungkin ditolak dan kau kafir sedang aku muslim sehingga aku haram bagimu dan kau haram bagiku, maka cukup islamu sebagai maharku"
  • Fatimah binti Khatab. adik dari Umar bin Khatab. berasal dari orang berkedudukan yang terpandang. suaminya adalah said bin zaid (perawi 10 orang yang di jamin menjadi penghuni surga). Fatimah dan Said adalah budak dari Abu Jahal. mereka masuk islam atas usaha Khabab. peran fatimah sangat luar biasa saat membantu keislaman Umar bin khatab. digampar fatimah hingga bibirnya berdarah "ya kami masuk islam dan memangnya kenapa? kalau kau mau membunuhku bunuhlah maka surga adalah janji Allah yang pasti". keluarga Umar adalah keluarga yang sangat paham literatur. dan peran Fatimah tidak berhenti sampai disittu namun terus berlanjut,
  1. dalam bidang ilmu. dan para sahabiyah memiliki peran yang snagat luar biasa.
  • as Syifa al adayiwah. masuk islam sebelum hijrah. dan dalah surah al muntahanan 12. beliau adalh guru membaca dan menulis. baik bagi kaum anshar dan muhajirin sekaligus mengajarkan ayat al quran yang dihafalkannya dengan tulisan (orang pertama yang mengajarkan dg tulisan). guru prifat istri Rasulullah, hafsah binti umar ibn khatab sangat mendapatkan banyak ilmu. dan sangat pandai dalam hal kedokteran sangat unggul. orang yg paling memahami keekonomian islam. dan menjdi kepala pasar pada jaman Umar. dan menjadi anggota syuro pertama dari kaum wanita.
  • asma` binti yazid bin... banyak hafalan hadist. menjadi juru bicara para wanita di depan Rasulullah. sahabat dekat ummurul mukminin.sumber rujukan ilmu karena dekat dengan keluarga Rasulullah.
  • Aisyah binti as sidiq. beliau menguasai ilmu tarikh berbagai suku, 10.000 bait syair dihafalkan. penghafal terbanyak hadist Rasulullah. fasih faraid(matematika rumit untuk bahasa Arab) yang bisa menandingi Aisyah adalah Zaid bin Harist. guru dari sahabat, tabiin, hampir tidak ada pertanyaan yang tidak bisa di jawab karena luasnya ilmu pengetahuan beliau. padahal beliau hidup bersama Rasulullah 8th.
  1. dalam bidang politik
  • aisyah. 
  • kholah binti sa`labah. sebab turunnya surah al mujadillah. gugatannya menjadi sebab turunnya surah mujadillah.
  1. dalam bidang ekonomi
  • khadijah
  • zaenah binti jahrs dalam bidang pengusaha produsen kerajinan dari kulit.
  1. perang
  • nusaibah. dalam perang yamamah
  • ummu hakim binti al harist.dalam perang Romawi membunuh 7 orang yang bersenjata lengkap.
  • safiyah binti abu muthalib. 
  • ummu haram binti ...berjihad dalam perang di cyprus. syahid di laut.
  •  al khonsa. 4 orang putra yg semuanya dipersembahkan untuk islam. dan berperang juga dalam hal perawatan kepada prajurid yg terluka.



bentar... habis ini saya edit... hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar