Senin, 23 Oktober 2017

Tong Kosong Itu Nyaring Bunyinya

Berbicara adalah hal yang penting dalam menjalin komunikasi sehari-hari. Berbicara dengan berbagai bahasa dan mimik akan membuat manusia mengkomunikasikan banyak hal dan banyak pesan. Manusia berbicara untuk sekedar melepas peluh dan penat yang berputar di kepala. Melampiaskan kebahagiaan untuk berbagi dengan sekitar.

Bahkan bicara juga dapat menunjukkan karakter kepemimpinan dalam diri manusia. Apakah berwibawa, apakah memiliki pengetahuan yang luas, apakah bijaksana. Bicara juga dapat menentukan tingkat sosialita seseorang. Tema yang dibicarakan bisa menunjukkan latar belakang seseorang, apakah kalangan orang beragama atau kalangan orang dengan lingkungan jalanan. Semua karakter bisa dilihat dari pembicaraan seseorang.

Untuk berbicara manusia memerlukan ide untuk dibicarakan. Bisa dibayangkan jika seorang manusia hidup dalam tempurung satu sisi kehidupan dengan keterbatasan suasana dan ide. Maka bisa dipastikan maka yang akan dibicarakan adalah tema yang sama namun diulang berkali-kali. Jika seseorang itu tinggal di kalangan orang beragama maka yang keluar dari bibirnya adalah yang berkaitan dengan agama. Namun jika di dalam lingkungan dan otak adanya hanya tema se x maka yang akan keluar dan dibicarakan juga tidak lepas dari tema tersebut. Jika di dalam pikirannya penuh dengan keinginan untuk belajar maka pembicaraannya juga tidak lepas dari masalah belajar.

Namun apa jadinya jika seseorang dengan kehidupan yang tertutup tempurung ingin menjadi sosok pemimpin? Dia akan berbicara layaknya pemimpin namun dengan pengetahuan yang sedikit. Karakternya yang suka memaki, menyalahkan, menertawakan, menyela saat berbicara menunjukkan kekurangan dalam pengetahuannya. Apa yang akan dibicarakan akan diulang berkali-kali, hingga tidak ada makna yang bisa ditangkan oleh pembicaraan tersebut. Pembicaraan yang tidak terarah juga digunakan untuk menutupi aib dan kekurangan yang bersangkutan. Jika anda mengetahui yang demikian mungkin benar pepatah 'tong kosong nyaring bunyinya'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar